RSS Feed

[TUTORIAL] PART 3 MENGENAL SI AJAIB OIL PAINT

Posted on

oil-paint-opening

oil-paint-opening-1

Haha kok lebay banget judulnya ya? Habis bingung ngasih judul jadi gitu deh. Abaikan judulnya dan fokus saja dengan tutorialnya.

Sebelum memulai Hye mau memeberitahukan hanya versi terbaru dari photoshop cs (CS 6-red)  yang mempunyai filter ini. Jadi jika ingin mencobanya gunakan photoshop cs 6 atau di atasnya (extend).

  1. Siapkan gambar/foto/cover FF yang ingin kalian gunakan. Tidak ada ketentuan khusus. Bebas.
  2. Masukkan ke dalam lembar kerja photoshop dan di duplicate (X)
  3. Hasil duplicate (di atas gambar asli), diaktifkan dengan cara mengekliknya. (X)
  4. Ke menu Filter pilih Oil Paint (Oil paint bukan bagian dari Filter Gallery. Letaknya dibawah Filter Galley)
  5. Kotak Dialog Oil Paint kemudian muncul.

cap OP1

 

NOTE: PERHATIKAN LEKUK-LEKUK YANG ADA PADA GAMBAR (mudahnya lihat pada background) Pada oil paint, efek yang terbentuk tergantung pada lekuk-lekuk itu. Dan pengaturan yang kita atur berkaitan dengan lekuk-lekuk itu. Intinya mengatur lekuk-lekuk. /haha gak tahu istilah yang lebih pas dibanding lekuk-lekuk :p

cap OP3

Ada 2 Kategori pengaturan yaitu Brush1 dan Lighting2

  • Ada 4 pengaturan yang termasuk ke dalam Brush, yaitu:
  1. Stylization. pada Stylization dengan nilai kecil, lekuk-lekuknya kecil dan kasar, semakin diperbesar, lekuk-lekuknya akan membesar dan saling sambung lurus, hingga efeknya saling menyambung dan halus seperti olesan cat minyak di kanvas.OP2-stylization
  2. Cleanliness. semakin besar nilainya lekuk-lekuknya akan semakin lurus dan sampai akhirnya tidak terbentuk lekukan.
  3. Scale/skala lekukan yang terbentuk. Semakin besar nilai, semakin besar bentuk lekukan.
  4. Bristle Detail, semakin besar nilainya, semakin banyak garis lekukan yang terbentuk.
  • Ada 2 pengaturan yang termasuk ke dalam Lighting, yaitu:
  1. Angular Direction/Arah olesan cat. Arahnya dipengaruhi efek bayangan disekitar lekukan. Dengan mengatur nilainya, kita mengatur arah bayangannya.
  2. Shine/tingkat kecerahan. Semakin tinggi nilainya. Lekukan akan semakin kuat, menonjol, dan warnanya semakin terang.

Sekarang mulai aplikasikan ke dalam gambar/foto/cover yang sudah dipilih. Silahkan tentukan sendiri pengaturannya karena berbeda gambar berbeda pengaturan. Setelah selesai KLIK OK. Kemudian ubah blending modenya.

BEFORE

56139d53afb2023e5d51cf332f803547

Stylization=1,78, Cleanliness=10, Scale=3,96, Bristle Detail=5,4,

Angular Direction=300, Shine=1,3. 

OP

Kemudian Klik OK. Atur Mode Blendingnya SOFT LIGHT

oil-paint-opening

Selain texture seperti cat minyak, warna yang terbentuk semakin kuat. Warna itu berasal dari gambar/foto itu sendiri.

Contoh lainnya:

BEFORE

05e80570e121aa1ab54eb72bc7cb9bcd

2f1c69e7a529be38ec20a07e574bf7fe

Stylization=10, Cleanliness=3,65, Scale=10, Bristle Detail=10,

Angular Direction=190,8, Shine=0,25. 

Kemudian Klik OK. Atur Mode Blendingnya OVERLAY

oil-paint-opening-2

Kemudian Klik OK. Atur Mode Blendingnya COLOR BURN

oil-paint-opening-1

BEFORE

24fa02e67c224ef9e18f7023adbd09fc

Stylization=1,98, Cleanliness=5,15, Scale=7,82, Bristle Detail=7,55,

Angular Direction=297, Shine=0,55. 

Kemudian Klik OK. Atur Mode Blendingnya OVERLAY

oil-paint-opening-3

Contoh pada POSTER FF :

BEFORE cover-609

AFTER

cover-609-3

TIPS: Usahakan ketika mengatur pengaturannya, lekuk-lekuknya dibuat tidak bercampur dengan warna lainnya. Misalnya warna hitam retina mata dengan warna wajah. Karena hasilnya akan menjadi aneh. Usahakan juga supaya bentuk wajah, badan, hidung, bentuk mata, tetap terlihat untuk mempertegas/menonjolkan tokoh.  Dan usahakan jangan terlalu banyak nilai Shine-nya, karena gambar akan terlalu contrast dan warna yang dihasilkan akan terlalu mencolok.

-FIN-

Sebagaimana yang kalian tahu Hye benar-benar suka dengan efek oil paint, bahkan bisa dibilang jatuh cinta dengan efek ini. Dulu hye biasa menggunakan Photoshop CS 2/3, tapi semenjak mengenal oil paint, hye bahkan mendownload versi CS6 extend. Efek ini kalau kalian bisa menguasainya hasilnya akan WOW banget. Hye juga ingin minta maaf kalau gambar step by stepnya tidak banyak seperti biasanya. Hye sedang tidak banyak waktu luang, jadi gak bisa edit capture tiap langkahnya. Sekarang Hye sedang mulai menulis proposal skripsi >.< Do’akan hye semuanya smoga lancar ^^ /amin.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca tutorial dari Hye^^

Hasil efek (digambar kalian) terlihat kasar dan tidak halus setelah di ubah mode blendingnya? Coba menggunakan Smudge Tool^^. Caranya? tunggu tutorial selanjutnya🙂 *wink

SMUDGE-1

 

 

 

12 responses »

  1. TT_TT nggak ada ps cs 6 di laptop ku nggak bisa nyoba dehh

    Balas
  2. waa keren. tapi ga ada tombol likenya ya? wkwk

    Balas
  3. Kak Hyee~ makasih buat tutorial yang bermanfaat ini..aku coba ya, sarannya ua, kak Hye! Ditunggu next tutornya! Semangat!

    Balas
  4. Makasih buat tutorial dan tipsnya yang sangat berguna ini❤
    Memang ajaib. Aku pake photoshop cs6 64 bit. ada oil painting tapi pas diklik, malah gabisa :" hiks

    Balas
  5. keren kakkkk hyee!! aaaa ampe aku offline-in tutornya dari 0-3 heehehe ditunggu tutor selanjutnya kak hye! SEMANGAT!😄😄

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s