RSS Feed

[Tutorial] Part 1 Mengenal Filter Cutout

Posted on

Hye akan memulainya dengan Filter Gallery. Hari ini kita akan mengenal beberapa filter yang ada di kategori Artistic. Kesan yang akan didapatkan layaknya hasil olesan cat, goresan pensil atau pena, sapuan kuas, dan lain-lain. Intinya seperti lukisan. Efeknya bisa mencerahkan, menggelapkan, menghaluskan, membuat tajam, yang pasti membuat gambar lebih berteksture tergantung pengaturan yang kita atur.

Filter ini ada di semua seri Photoshop baik itu adobe photoshop maupun photoshop cs. Jadi silahkan buka photoshop kalian dan pilih gambar yang ingin kalian gunakan. BEBAS. Hye akan memberitahukan fungsi masing-masing pengaturannya jadi kalian juga bisa mengetahui pengaturan yang cocok untuk gambar yang kalian punya.

Hye mulai dengan memperlihatkan filter-filter yang ada di kategori artistic.

artistic

Pada part ini hye hanya akan membahas filter Cutout. Ada 3 pengaturan pada Cutout yaitu Number of Levels, Edge Simplicity, dan Edge Fidelity.

  1. Duplikasi gambar yang kalian gunakan. Ketika muncul kotak dialog duplicate layer, klik OK1
  2. Hasil duplikasinya kita aktifkan. Kemudian pilih menu filter > Filter Gallery > Pada Artistic pilih Cutout2
  3. Kotak dialog Cutout muncul. Di bagian kanan kita bisa melihat pengaturannya.1

Pada Number of Levels, kita bisa mengaturnya antara 2-8.

Pada level 2, gambar akan terdiri dari warna dominan (coklat tua dan coklat muda). Ketika kita klik OK dan atur mode blendingnya menjadi soft light. Hasilnya warna dominan tadi akan memberikan warna pada gambar menjadi lebih hidup. Coklat tua menggelapkan gambar. Coklat muda mencerahkan gambar.

3 number of levels 2

Pada level 8, semua warna pada gambar muncul dan ada gradasi warna. Ketika kita klik OK dan atur mode blendingnya menjadi soft light. Hasilnya gambar menjadi lebih hidup. Masing-masing warna ada yang menggelapkan ada yang mencerahkan tergantung gradasi warnanya.

3 number of levels 8

  • Number of Levels : Semakin tinggi levelnya, warna yang muncul semakin banyak (tidak hanya yang dominan) dan terdapat gradasi warna.

Pada Edge, kita fokus pada tepinya. Garis pembatasnya. Maksudnya tepi komponen [baik itu tokoh maupun ornamen (misalnya bunga), tulisan dan sebangainya]. Edge merupakan pengaturan tepi.

  • Edge Simplicity : Kita fokus pada tepinya. Semakin tinggi levelnya akan semakin simpel dan tidak berbentuk. Sedangkan semakin rendah levelnya akan semakin kompleks dan berbetuk, bergradasi. Misalkan pada level 0.

4 EDGE SIMPLITY

Pada Level 4 dan 10.

4 EDGE SIMPLITY level 4 - 10

  • Edge Fidelity: Semakin tinggi levelnya, maka akan terlihat bentuk asli komponen pada gambar. Dan tepiannya pun semakin bergelombang.

5 EDGE FIDELITY

Sekarang mari kita aplikasikan ke gambar yang kalian punya. Sesuaikan pengaturannya. Ingat berbeda gambar akan berbeda pengaturan.

BEFORE

30-7-the last love gumiho

Number of Levels 2, Edge Simplicity 4, dan Edge Fidelity 2. Kemudian Klik OK. Atur Mode Blendingnya SOFT LIGHT

before after

AFTER

cutout 242

Atau

BEFORE

COVER-261

Number of Levels 5, Edge Simplicity 3, dan Edge Fidelity 3. Kemudian Klik OK. Atur Mode Blendingnya SOFT LIGHT

AFTER

Hasil yang didapatkan gambar lebih bercahaya (Sehingga tidak memerlukan efek overlay-grausian blur), lebih cerah, warnanya lebih tebal (yang merah semakin merah, yang hijau semakin hijau), tepinya lebih jelas (sehingga tidak memerlukan efek sharpen). Efek seperti ini cocok jika kita ingin gambar yang lebih memiliki efek kuat, lebih sedih, lebih happy, dan lebih horor. Intinya menguatkan efek sebelumnya.

Baiklah, sekian tutorial efek pada hari ini. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. *deepbow Untuk minggu depan, kalian ingin filter yang mana?

7 responses »

  1. Saya sering pake yang plastic wrap. Tapi saya bakal coba tutorial dari kakak

    Balas
  2. Akhirnya, kak Hye update lagi!
    terimakasih atas ilmu yang sangat bermanfaat ini ^^

    Balas
  3. Eonnie, lanjutin lagi tutorialnya^^

    Makasih buat ilmunyaa๐Ÿ˜˜

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s