RSS Feed

[Tutorial] Part 0: Mengenal Menu Filter Photoshop

Hi, hyema datang dengan tutorial mengenal menu Filter. Menu filter itu berisi efek-efek yang dapat membuat tampilan poster/cover menjadi lebih menarik, indah, dan menakjubkan. Hye sendiri lebih prefer menggunakan efek Filter dibanding menggunakan PSD/coloring.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar mengenai efek-efek yang ada di photoshop yang sering hye gunakan seperti: Filter Gallery, Oil Paint, Blur, Render, dan Sharpen. Namun sebelum itu mari kita berkenalan dengan menu filter dan apa yang akan hye bahas di tutorial part selanjutnya.

Tutorial ini akan hye posting berpart-part karena untuk membahas menu yang satu ini tidak bisa sekali jadi. Karena memang konten yang ada didalamnya sangat banyak sekali sehingga harus step by step.

Menu Filter terletak di menu bar.

menu bar

 

 

Ketika di klik, tampilan menu filter akan seperti ini:

menu filter

Catatan: Tampilan menu filter ini merupakan tampilan saat menu tidak aktif atau belum bisa digunakan karena tidak ada objek/foto yang akan diaplikasikan. Jadi ketika ingin menggunakan menu ini, kalian harus memasukkan foto terlebih dahulu baru bisa menggunakan konten menu ini.

Selanjutnya hye akan memperlihatkan preview tampilan pop-up kotak dialog masing-masing konten. Yang hye tampilkan hanya sebagian saja.

  1. FILTER GALLERY.

Bagi yang sering mengunjungi blog Hye pasti akrab dengan filter gallery. Hampir separuh poster yang hye buat, menggunakan efek dari sini. Dibawah ini tampilan pop-up konten Filter Gallery.

POP UP FILTER

 

2. OIL PAINT

OIL PAINTAkhir-akhir ini hye sedang kecandungan dengan oil paint. Yap, karena efeknya benar-benar menakjubkan. Disamping adalah tampilan pop-up konten Oil Paint.

 

 

 

 

 

3. BLUR

letak blur

Diantara ke-14 efek yang ada, hye akan memperlihatkan tampilan pop-up kotak dialog Smart Blur.

SMART BLUR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. SHARPEN

sharpen

Diantara ke-5 efek yang ada, hye akan memperlihatkan tampilan pop-up kotak dialog Smart Sharpen.

SMART SHARPEN

  1. RENDER

renderSejujurnya walau sering menggunakan render, hye kadang masih belum mahir disini. Masih coba-coba hehe. Di sini ada 5 efek yang bisa diaplikasikan yaitu Clouds, Difference Clouds, Fibers, Lens Flare,dan Lighting Effects.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tampilan pop-up kotak dialog Lighting Effects.

LIGHT EFFECTS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan melihat previewnya, kita bisa melihat bahwa hampir di setiap pop-up kotak dialog pasti ada lembar preview,dan pengaturan.

  1. Lembar preview untuk melihat perubahan yang terjadi setelah kita mengaplikasikan filter/efek tertentu.
  2. Pengaturan akan berbeda tergantung jenis filter/efek yang digunakan.

Inti dari tutorial ini akan membahas tentang pengaturannya, pengaturan tiap filternya. Karena memang yang membedakan 1 efek dengan efek yang lain itu pengaturannya. Mungkin banyak yang sudah tahu atau lebih ahli dibandingkan Hye tentang bagaimana pengaturan yang baik, tapi hye disini hanya ingin berbagi sedikit ilmu yang hye punya. Toh memang banyak yang request tentang effect kan?

Ketika kalian sudah memahami cara kerja pengaturan masing-masing efek, dengan sendirinya akan tahu bagaimana pengaturan yang cocok untuk setiap posternya. Dan itu yang hye harapkan setelah kalian membaca tutorial yang hye up selanjutnya.

Bagaimana apakah kalian tertarik dengan tutorial ini? Jika iya, hye minta respon positifnya minimal 10 Like+Comment yeorobun??

Setelah mencapai 10like+comment, hye akan mengumumkan jadwal update tutorialnya, dengan hari dan jam yang sama setiap kali up.

Ada pertanyaan atau mau request efek yang ingin di up duluan? Isi kolom komentar dengan bahasa yang sopan. Salam hangat dan terimakasih dari Hye❤ *deepbow

About hanhyema

96line. Love music and fiction world. Setiap kali aku melihat cermin, yang aku tatap adalah masa lalu. Masa lalu yang kujanjikan akan berubah. Jika tidak bisa didunia nyata, kuharap aku bisa di dunia imajinasiku ini.

16 responses »

  1. Tutorialnya bermanfaat sekali, kak /aku panggilnya gimana? T__T/
    Sebenernya aku juga sering coba2 filter gallery, tapi ya itu… kadang suka ‘duh, kok jadi gini? kok agak aneh?’ akhirnya batal pake effectnya dan cuma mainin sharpen & blur. Nanti aku coba lagi kali aja jadi bagus, hihi… Thanks atas tutorialnya kak🙂 (Rara, 99line)

    Balas
    • Annyeong, maaf baru sempet balas komentarmu. Panggil Hye saja^^. Kalau filter memang harus dicoba terus sampai kamu bisa ngerti cara kerjanya gimana. Efek Filter akan lebih wow kalau dipakai bareng-bareng loh. hihi. silahkan di cek, hye sudah UP sampai part 3.

      Balas
  2. Pas buka blog kaka dan lihat ini langsung kaya orang gila. Dan saya uda coba semuanya selain ligting apa itu namanya? #plakkk

    Kalau saya suka dibagian brush soalnya itu paling cocok untuk yang agak dark kaya cover saya yang ini => http://tnagmaj.mywapblog.com/cover-request-cinta-segitiga-for-ardila.xhtml

    Pokonya saya suka yang di bagian brush :3

    Balas
    • Annyeong, maaf baru sempet balas komentarmu saeng. Hihi lighting malah keren banget >.< Udah nyoba belum FILTER + SMUDGE Tool? Dijamin kamu bakalan menggila.

      Brush memang selalu jadi favorit^^ suka covermu❤

      Balas
  3. Kyyaaa.. Eonnie.. tutorial ini bermanfaat banget bagi Yuki yang masih sangat amatir dalm pemakaian photoshop, saya suka saya suka.. ^^ tapi sayang eon.. photoshop punya yuki masih yang cs2 jadi nggak ada oil paint😥 /malahcurcol/
    okeh eon,, ditunggu tutorial selanjutnyaa…

    Balas
    • hihi yuki baru sempet balas komenmu yang disini. mian~
      pengen nyoba kaya oil paint tanpa pakai oil paint juga bisa kok. Kamu pakai Smudge tool aja. Itu tool basic kok jadi dari Adobe photoshop 7.0 sampai CS series ada.

      Balas
      • gak apa apa eonni..
        Aaaaaaa… beneran eonni bisaa? yuki coba deh.. tadinya yuki udah pasrah banget pas tau nggak adaa.. mau download yang baru kok rasanya susah banget yaa? makasih ya eonni udah kasih tau cara yang lainn🙂😉

      • bisa tapi manual. hehe efeknya kita buat sendiri ^^ gampang kok.

  4. Awalnya aku cuma sering pakek effeck blur tapi setelah liat ini aku jadi tau effek2 lain dan ada rasa ingin mencoba… terimakasih kak hye! Aku tunggu tutorial effecknya yang lain… kalo bisa yang effek buat soft diupload duluan :v

    Balas
  5. Makasih banyak untuk tutorial nyaaa >< aku selalu stuck ama filter yang gitu gitu aja, belum berani eksperimen ama filter lain T_T
    Sankyuu ya kaaa ♥♥

    Balas
  6. Kak Hye ><
    Tapi, yang oil painting itu di photoshop CS6 aku enggak bisa? Yang keluar malah kotak perintah yang isinya itu 'Oil Painting Error'
    Itu kenapa, ya, kak?😦

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s