RSS Feed

Tutorial Cara membuat PSD/Coloring: Power of Flower

Posted on

Hi, semuanya Hyema kembali dengan tutorial PSD/Coloring. Hye buatnya sesimpel mungkin dengan harapan bagi para newbie bisa memahami dan mengikuti instruksinya dengan baik.

previewPSD18

Hye akan mengawali tutorial kali ini dengan pengenalan terhadap tools yang akan digunakan; dan tentang PSD/Coloring itu sendiri.

  1. PSD/Coloring- sejenis type file yaitu PSD dengan fungsi menyimpan pewarnaan yang digunakan untuk mewarnai berbagai jenis image.
  2. Tools yang akan digunakan:basic

Yang biasa digunakan dalam membuat PSD/Coloring adalah Adjustment layer (no.3) dari sana kita bisa memainkan berbagai macam tools. Untuk fungsinya sendiri, temen-temen akan segera mengetahui setelah mencobanya.

Ini dia cara untuk membuat PSD/Coloring versi Hyema.

  1. Pilih sebuah gambar. 208f904c2325c4fb184597b89cf8d7b0
  2. Klik kanan/kiri Adjusment layer. Dari sini kita bebas menggunakan tools apapun. Intinya PSD/Coloring akan membuat warna yang berbeda dari aslinya dan nampak cantik.

a. Klik kanan/kiri Adjusment layer>>Color Balance. Hye mulai dengan Color Balance. Yang perlu dilakukan adalah menggeser untuk mencondongkan ke Cyan atau Red; Magenta atau Green; Yellow atau Blue. Geserlah sampai menemukan warna yang diinginkan. Karena Hye ingin warna yang menonjol, Hye menggunkan warna-warna dengan urutan sebagai berikut:

1

Setelah selesai. Klik OK.

b. Klik kanan/kiri Adjusment layer>>Gradient Map. Untuk pemilihan gradasi warna sesuai kebutuhan dan diakhiri dengan mengubah Blending Mode pada Layers, dari Normal ke Soft Light.2

c. Klik kanan/kiri Adjusment layer>>Color Balance. Lakukan sama seperti yang pertama, tetapi angkanya diganti menjadi seperti ini.3
d. Klik kanan/kiri Adjusment layer>>Solid Color.  Pada Solid Color, pemilihan warna sesuai kebutuhan, dan diakhiri dengan mengubah Blending Mode pada Layers, dari Normal ke Overlay. Untuk PSD/Coloring ini, Hye hanya memilih warna #b2b1b3. Kemudian klik OK.4
e. Klik kanan/kiri Adjusment layer>>Selective Color. Pada selective color kita dapat memilih warna yang ditonjolkan. Lihat pada kolom Colors, klik tanda panah ke bawah dan pilih warna yang ingin ditonjolkan. Untuk PSD/Coloring ini, Hye hanya memilih warna Reds (merah). Dan atur warnanya seperti ini,5Pada bagian Method. Hye pilih Absolute. Untuk menjadikan warnanya lebih nyata.

 Selesai.

Berikut ini perbedaan sebelum dan setelah gambar diberi warna dari PSD/Coloring ini.

Hye minta maaf untuk tutorial ini tidak sedetail biasanya. Hye hanya bisa seadanya. Hye usahakan untuk waktu yang akan datang mungkin tutorial ini akan direvisi supaya lebih detail lagi. Selamat mencoba^^

7 responses »

  1. thanks kak… berguna sekali😉

    Balas
  2. thanks banget ya berguna banget!!❤

    Balas
  3. makasih tutorialnya ^^
    jadi mudeng sekarang

    Balas
  4. Membantu banget, terima kasiih🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s