RSS Feed

[Tutorial] How to use PSD Coloring

Posted on

Hyema is BACK!! With new tutorial. Sebenarnya ini tutorial untuk menjawab beberapa pertanyaan dari pengunjung blog Hye. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan^^

cover tutorial

-Q&A-

Q : Apa itu PSD?

A : PSD atau Photoshop Document adalah salah satu jenis format file dan merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop. Format ini biasanya digunakan untuk menyimpan hasil editan berupa gambar yang dikemudian hari dapat diedit kembali.

ย Q : Lalu bagaimana dengan PSD Coloring?

A : PSD coloring itu file PSD yang isinya menyimpan pewarnaan untuk mewarnai sesuatu. Bisa digunakan untuk mewarnai gambar.

Q : Aplikasi yang digunakan untuk membuat PSD itu apa?

A : Sesuai namanya digunakan aplikasi Adobe Photoshop.

Q : Apa semua versi dapat untuk membuka file PSD?

A : YA! Semua versi dapat digunakan. Namun ada beberapa pengecualian yang kadang Hye temui. Ada file PSD yang tidak bisa Hye buka. Itu karena photoshop versi pembuat PSDnya diatas photoshop yang dipunyai Hye. Jadi begini misal kamu membuat PSD Coloring dengan PS CS 3. Maka untuk membuka file PSD itu kamu harus mempunyai minimal PS CS 3. Makanya pro-designer yang biasanya ada di DeviantART selalu mencantumkan dengan apa ia membuat file PSD tersebut.

Q : Cara mendapatkan PSD Coloring dimana?

A : Ada banyak webstite dan blog yang menyediakan jasa PSD/coloring. Kamu bisa download secara gratis atau membelinya(biasanya pro-designer). Banyak arteorker fanfiction yang sengaja membuat PSD untuk di download ko. Coba blogwalking ke blog pribadi masing-masing artworker^^ Atau temen-temen bisa ke DeviantART coba cari dengan kata kunci ‘PSD COLORING’ pasti langsung ketemu^^ Selamat mendownload^^

Q : Trus gimana cara menggunakan PSD Coloring?

A : ย Ikuti tutorial di bawah ini. Hehe

HOW TO USE PSD COLORING

1. BUKA PHOTOSHOPMU. Dan masukkan gambar yang akan kamu warnai. Caranya :

a. FILE > OPEN/CTRL+O > PILIHA GAMBAR > OPEN..
b. Klik kanan gambar yang akan digunakan > Open with.. > Adobe Photoshop

2. BUKA PSD Coloring yang digunakan. Caranya sama dengan cara memasukkan gambar. Hye menggunakan PSD dari auntumnfarewell@DeviantART. Terima kasih^^

3. DUPLIKAT FILE PSD untuk memasukkannya ke gambar yang mau diwarnai. Caranya : Klik kanan pada folder PSDmu dan pilih duplicate group. Kemudian pada document pilih nama file yang kamu ingin warnai dan klik OK.ย HOW TO USE PSD-2Apabila ada garis seperti dibawah ini, tinggal tarik hingga menutupi seluruh gambar kemudian selesai^^

HOW TO USE PSD-3 HOW TO USE PSD-4Setelah di beri efek FILTER > SHARPEN > SHARPEN. Hasilnya sepert ini^^

HASIL AKHIR

Baiklah sekian tutorial yang Hyema yakin sebagian besar orang sudah tahu. Bagi yang belum, semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan tanyakan saja ke Hye ya? Pye~~ Bye~~

21 responses »

  1. Yeay eonni comeback dengan ilmu yang sangat amat berguna!๐Ÿ˜€
    Jujur aja yah kak, psd udah gak asing lagi ditelinga aku tapi aku gak tau psd itu apaan *ditendangeon* Makasih info nya yah kak๐Ÿ™‚
    Btw eon, berhubung kakak udah comeback jadi aku boleh request poster kak? aku ragu kak soalnya statusnya masih close padahal aku udah nantiin banget tanggal 14 april ini hehe^^

    Balas
    • Haha kupikir kamu malah dah tahu dek, iya sama-sama.
      Keke itu memang belum tak ganti~ baru buka lepi soalnya. Iya ini lagi nyoba tata blog sama ganti status. Langsung aja isi pagenya ya^^

      Balas
  2. waahhh makasih banyak eonni.. bener bener bergina banget buat aku. aku sering liat psd psd tapi ga ngerti sama sekali psd itu buat apa…. daan karena eonni aku jadi tauu.. hehehehehe..
    gomawo eonni ^^

    Balas
  3. yang aku bingung unni di photoshop aku ga ada duplicate group trus gimana dong?._. trus kalo aku buka gambar psdnya itu ga keluar grup gitu bisa jelasin ga unn? aku juga pake adobe photoshop….. sebelumnnya makasih ya unn sudah dibikin tutorialnya ^^

    Balas
    • Gak ada gimana saeng?^^ Kalau gak kamu geser aja. Klik gambar yang ingin kamu pindahin, jangan dilepas lalu geser ke lembar kerja. Kalau tetep gak bisa, coba lihat digambarnya ada ikon gemboknya ga? Kalau ada klik 2x sampai gemboknya ilang^^ Lalu kalau di PSD gak ada group, gak usah bingung. Itu tinggal kamu klik ikon folder di bawah layer. Trus pindahin PSDnya kesana. Caranya kamu blok semua PSDnya(yang ada dilayer)terus geser ke folder itu. Kalau masih blm jelas nanti tak bikin tutorial lagi^^

      Balas
  4. Oh..iya, tapi kalau aku langsung drag aja psd colouringnya..gak papakan? makasih sharingnya ya eon^^

    Balas
  5. Hai Kak Hyemaaa ><
    kak itu terakhirnya disharpen ? bukan dikasih texture ? O_O

    Balas
  6. hallo, aku mau nanya. aku udah coba masukin psd tapi pas duplicate group terus kan pilih document, nah document yang mau aku masukin kok ga ada ya di optionnya?๐Ÿ˜ฆ

    Balas

Tinggalkan Balasan

