RSS Feed

[Tutorial] How to make cover fanfiction : Angst-family-romance

Posted on

Hyema is BACK!! Hehe

Sudah lama sekali Hye gak posting tutorial dan entah kenapa ingin sekali buat tutorial lagi. Dan lagi Hye mau bikin genre ANGST. Yap again, angst-family-romance. Entah kenapa Hye selalu bisa membuat yang kelihatan bagus dari genre itu. Bagi yang udah kenal sama Hye lama pasti tahu, karena pada dasarnya aku orang yang menyedihkan-?-.

Lupakan masalah menyedihkan dan lihatlah seberapa menyedihkan saya. Kita mulai tutorialnya. Yang pertama yang harus di siapkan adalah detail spesifikasi cover yang mau dibuat :

Cast                       : Sunny SNSD, Xiumin EXO-M, Ulzzang kids (Cristina Fernandez)

Ingredients         : Picture, Action PS and PSD

Genres                 : Angst-Family-Romance

Difficult                : 7/10

Duration              : 45 minute

tumblr_misgzwnPVS1r8m2sfo1_500

 

tumblr_mfnks0WUFR1rm4tluo1_500

 

tumblr_li5lfp0Ib41qctfhvo1_500

Untuk texture, Hye seperti bisaa menggunakan foto yang di dapat dari DA dan pinterest. Karena ini story tentang PARIS kita butuh satu icon yang menandakan cerita seputar itu.

once_again_paris_by_pamba-d5j16cp

venice_grand_canal_by_nyvelvet-d4cwi75

tumblr_ltm8lqC2wV1qe2w1uo1_1280

9961b79b4f6be7a9f25d6557b5857ab8

Dan untuk coloring, Hye menggunakan Action PS dan PSD yang sesuai dengan genre : angst-family-romance yaitu yang memiliki gradiasi warna dan dominan ke warna-warna gelap.

Untuk PSD, saya menggunakan psd 49 by evey v-d62uetl bisa didapatkan secara gratis melalui DA. Untuk Action Photoshop, saya credit dari Lieveheersbeestje on deviantart.com, thanks for sharing^^

Setelah bahan-bahannya terkumpul, silahkan buka photoshop dan masukkan semua bahannya^^ dan buka page new dengan ukuran sesuai kebutuhan. Kalau saya 500×700 pixels, Resolution : 72 pixels/inch, dan trasparan.

FILE>NEW… > New dialog > OK

NEW PAGE

Cara memasukkan gambar ke dalam Photoshop

  • FILE > OPEN… > CHOOSE IMAGE > OPEN
  • OPEN WITH..

Cara memasukkan gambar ke dalam PS

1.       Untuk layer 1 yang masih transparan. Kita duplikat foto Sunny dan Xiumin ke dalamnya. Fungsi duplikat adalah memindahkan foto ke dalam layar yang masih transparan yang telah diberi nama ONCE AGAIN PARIS.psd

duplicate layer

 2.       Kemudian atur letak kedua gambar dan hapus bagian yang dirasa perlu dihapus. TIPS : dalam melakukan penghapusan, untuk cover yang mau dibikin soft bisa menggunakan airbrush. Pilih dengan pixels di atas 300. Dengan Hardness 0.

ERASE GAMBAR

Hasilnya akan tampak seperti di atas, walau terlihat seperti ada bagian penting yang terhapus, biarkan saja! Asal blending-gambar tampak menyatu-terlihat bagus.

 3.       Kemudian duplikat texture dan atur letaknya serta hapus bagian yang perlu dihapus. TIPS : Untuk peletakkan texture. Kita harus berani meletakkan di beberapa posisi dan coba atur blendingnya, apa itu darken, color burn, screen, atau overlay. Ini bisa digunakan untuk coloring atau penghias. Kalau Hye bisaanya blendingnya normal dan hapus beberapa bagian. Untuk menghapus gunakan dari 50-300 Pixels sesuai kebutuhan dan pastikan tetap airbrush untuk soft poster^.^

a.      Venice grand canal. Yang butuhkan adalah gambar gondola panjang dan adanya perumahan. Jadi untuk sungai kita hilangkan.

TEXTURE VENICE CANAL

Walau terkesan kosong, biarkan saja. Arachi? *wink

b. Paris icon. Yang dibutuhkan adalah efek agak coklat emasnya seperti berikut.

TEXTURE PARIS EIFFEL

c. Cover buku Amelle. Kenapa menggunakan cover buku ini sebagai texture? Karena pada dasarnya gak ada batasan jenis texture. Apapun bisa jadi texture, apapun bisa menjadi coloring. Itulah keunggulan texture^.^

COVER BUKU AMELLE

4. Selanjutnya duplikat lagi Paris icon dan letakkan di bagian bawah. Hapus bagian atasnya yang menutupi xiumin dan gondola. Pastikan menara Eiffel tetap terlihat jelas.

5. Buat layer baru. Caranya klik icon new layer di dasar palet layers.

6. Kemudian bergeser ke foreground, klik dua kali sehingga muncul color picker dialog. Warna yang ingin digunakan adalah #e1f3f7. Caranya seperti dibawah ini kemudian klik ok^.^

NEW LAYER DAN COLOR PICKER

7. Setelah warna foreground sudah ditentukan, kill icon bucket paint tool atau tekan tombol G kemudian klik layer yang baru saja terbentuk sehingga layer yang tadi transparan berubah menjadi berwarna light sky blue. Kemudian hapus bagian yang menutupi sunny dan xiumin.

FILL NEW LAYER

8. Lakukan hal yang sama untuk foto ruangan dibawah ini. Duplikat dan ubah blendingnya menjadi overlay. Hapus bagian yang dirasa tidak diperlukan.

TEXTURE PARIS EIFFEL2

9. Masukkan foto ulzzang dan atur letaknya sedemikian rupa dan perkecil, kemudian hapus bagian yang tidak perlu dan pastikan gambar tetap terlihat jelas. Ukuran erasenya 200 pixels-airbrush dan hapus perlahan-lahan.ULZZANG DAN DETAIL POSTER

10.  Kemudian hias dengan  judul, nama penulis serta quote.

Tittle      : Once Again PARIS (font : James Fajardo-48pt)

Author  : hanhyema (font: Lighthouse Personal Use-10pt)

11. Kemudian PEWARNAAN! Untuk angst poster, karena Hye butuh gradiasi warna, maka hye menggunakan Action PS dan PSD Coloring.

a. Action PS.  Cara menggunakan, Windows >> Actions. Lalu muncul Action palet, masukkan Action PS dengan cara meng-drag langsung dari file ke paletnya langsung.

action ps

Keterangan :

  1. STOP PLAYING/RECORDING
  2. BEGIN RECORDING
  3. PLAY SELECTION

Untuk memulai memberikan warna klik play action lalu klik no.3, tunggu beberapa dan action bekerja mewarnai dengan sendirinya. Klik OK terus sampai pada batas yang saya tandai di bawah ini(flatten image), lalu pada make adjustment klik cancel atau klik no.1.

b. PSD. Letakkan PSD di atas paris icon dasar dengan cara seperti gambar.

DUPLIKAT PSD

Dan hasilnya…. TADA!!!

ONCE AGAIN PARIS

Simpan dalam bentuk JPEG, hal ini berguna untuk membuat bagian yang masih transparan menjadi putih. dan gunakan 10-maksimum dan klik OK.

FILE> SAVE AS… > Ubah PSD menjadi JPEG> OK

Akhirnya setelah lembur 4 hari, jadilah tutorial yang lagi-lagi angst dengan warna dominan ke gelap. Lihatlah betapa menyedihkan saya membuat tutorial ini dan dengan harapan walau gak bagus-bagus amat hasilnya ya, give me support wirt ur comment and appreciate me. Dan smoga dapat memberikan semangat dalam berkretivitas lagi. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, fill my comment please^.^

 

78 responses »

  1. Wah Oen, Mudah ya ternyata Buat-nya. Intruksi-mu mudah di pahami🙂
    nah Oen, punya ku gk terlalu bagus kayak Oeni🙂
    Nih Hasilnya🙂 >> http://cacamutiara26.files.wordpress.com/2014/01/once-again-paris.jpg?w=213&h=300

    Balas
    • Wah annyeong Chan. Aku terima kasih banyak karena udah mau nyoba. Hasilnya aku suka. Beneran. Nah, ada beberapa saran yang bisa Hye kasih. Yang pertama, waktu penempatan atau pengaturan letak kamu harus bisa main imajinasi dan pas menghapus itu pelan-pelan biar hasilnya soft.

      Dan yang terakhir font. Sebagus apapun covernya bila salah menggunakan jenis font, hasilnya jadi NG. Kamu coba deh otak-atik banyak font. Lalu atur letaknya biar ada kesan nyatu sama posternya. ^.^

      Sekali lagi makasih ya dah nyoba dan salam kenal^.^ *muach.. hehe

      Balas
  2. bagus banget kak, pengen coba deh tapi pakai cara dan kemampuanku yang masih dangkal hehe thanks for share this tutorial kak^^ kapan-kapan buat lagi yang genrenya fancy ya kak, pengen terus belajar dari kakak😀

    Balas
  3. astaga kaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak keren bangeeetttttttttttttt yaampun seriusan deh aku ngefans banget sama blendingan(?) kakak ini. kereeeeeeeeeeeeeeeen ><

    Balas
  4. AAAAHHHH!!! ini keren banget eon… keren.. aku mau buat deh coba-coba pakai karakter lain.. terima kasih tutornya^^

    Balas
  5. Makasih banget buat tutorial eon ^^ ini bermanfaat banget-banget!^^ buat pengaturan letak sama size pictnya pas eon >,< pengen juga bikin yang kayak begini xD
    hasialnya memuaskan banget ya eon? haha =) aku boleh minta saran buat brush nya gak eon? kok hasilnya jadinya kasar-,- gak soe halus yang eon bikin T_T

    Balas
    • Haloo saeng, makasih ya udah suka^^ Kamu pasti bisa bikin ko^^ PASTI^^ Untuk brush ya? kalau mau soft hye saranin diameternya kamu perbesar minimal 300 trus hardnessnya 0. Trus pas nge-brush secara perlahan aja. Initinya bias ngilangin garis pembatas aja^^

      Balas
  6. Hasilnya bener2 memuaskan.. Mkasi untuk pemberitahuan tentang penghapusan gmbar.. Jdi gk usah ribet2 lgi saat ♏αΰ menghapus gambar.. Gomawo Ɣå媪 ┈̥”̮ ⌣ ǐƔǻªª ⌣”̮.😀

    Balas
  7. eon, waktu aku check, action photoshopnya berbayar ya >_<

    Balas
  8. wah sekian lama nyari tutorial yang mudah di mengerti baru dapet di sini nih… thanks banget ya tutorialnya… terutama buat ngapus gambar yang soft gitu.
    boleh minta saran buat pemula ga? aku pengen banget bisa bikin poster gini…
    boleh tanya ga? photoshop action sama psd itu buat apa ya??

    Balas
    • senang bisa membantu^^ Saran buat pemula ya? Kamu coba sering blogwalking ke setiap designer poster FF, mereka kan pasti punya gallery kan? nah dari situ kamu lihat poster-poster mereka. Secara langsung disana kamu belajar poster yang bagus itu yg gimana sih? pewarnaan-tata letak-pemilihan font-dll. Jadi kamu bisa punya standar sendiri pas buat posternya^^ dan jadi inspirasi buat kamu. Selain itu juga tutorial itu kamu bener-bener buat ya? Kalau dah bisa satu tutorial coba tutorial yang lainnya^^ semakin sering berlatih. Kamu semakin jago nantinya^^

      Oh ya hati-hati dipemilihan font. Karena sebagus-bagus poster yang kamu buat kalau fontnya gak sesuai bakal jadi NG lo^^ hehe. PS Action sama PSD itu untuk pewarnaan cingu. Sukses belajarnya^^ ya? Ditunggu hasil artmu^^

      Balas
      • waahh thanks a lot buat sarannya….. bener bener ngebantu…
        kalo pengen tanya tanya lagi kesini boleh kan? heheh soalnya takut nanti masih banyak bingung.
        gara gara liat tutorial yang disini jadi semangat belajar bikin poster. ^^

      • boleh ke sini aja, hye seneng bisa bantu ko^^ Oke sukses buat belajarnya^^

  9. unni aku masih kurang ngerti untuk pewarnaan psd coloringnya T.T gimana unn? bisa jelasin lebih detail dong unn, gomawo :))

    Balas
  10. nice tutorial!!!!!
    makasih dah dishare😀

    Balas
  11. Halo eon.. aku udah coba dan sebenernya aku gak pakai action sih -_- aku pakainya gradient map ._. entahlah aku eksperimen dan akhirnya jadinya tada~ http://laderiasw6.files.wordpress.com/2014/03/first.jpg aku sehabis baca tutorial ini dulu langsung coba eksperimen dan alhasil seperti itu -_- eon mau lihat lagi yang lain bisa mampir ke rumah blogku..hehehe..

    Balas
    • wah.. malah bagus kamu bisa ngembangin tutorialku^^ hasilnya gak sama persis juga gak apa-apa itu kan cuma panduan. Oh ya blogmu diprotect ya? yah sayang padahal eon mau lihat. Sukses buat belajarnya ya?^^

      Balas
  12. BaeLyrii (@_tazkiaslsbl)

    Hai, Kak Hye^^ Aku ikutan nyoba pakai tutorial kakak dan jadinya kaya gini: http://fantaestic.files.wordpress.com/2014/04/secret.jpg?w=660
    yah, standar sih hasilnya. Tapi, kakak bisa kasih aku kritik dan saran nggak? Aku masih newbie soalnya. Gomawo🙂

    Balas
    • Hai juga adek^^ Hye suka sama hasilnya itu pewarnaanya soft trus nyaman dilihat. Penempatan castnya juga bagus. Nah blendingnya lebih diperhalus lagi, hye masih lihat ada garis pembatas gambar dibeberapa titik. Kamu cepet belajar ya kayanya^^ sukses buat artnya^^

      Balas
      • BaeLyrii (@_tazkiaslsbl)

        Waah, makasih Kak Hye. Iya, setelah aku perhatiin lagi blendingnya emang kurang halus😄 makasih banget ya kak udah mau ngasih kritik dan saran🙂

  13. Besok kemungkinan baru aku buka eon.. Tadi habis ngubek-ngubek tutorial poster fancy jadinya sehabis aku urus blog aku langsung meluncur ke mbah google. Besok Insyaallah aku kabari kalau blognya udah kebuka ^^ gak papakan eon?

    Balas
  14. unnie guna photoshop cs berapa ?
    aku download photoshop cs3

    Balas
  15. yaaaaa
    cool sekaliii
    bolehkah aku minta PSD Coloring nya? atau berikan saja link nya agar aku bisa download sendiri🙂

    Balas
  16. thanks buat tutorialnya🙂 sangat membantu..

    Balas
  17. agashsjskshshs Demi apa keren -_-
    thanks tutorialnya membantu banget meskipun kadang bingung-_-
    ohya kalo mau request dimana/?
    pengen request masa hoho :v

    Balas
  18. Keren posternya🙂
    Makasih ya eonni😀

    Balas
  19. hai, aku baru nemu blog ini loh🙂
    dan jujur aku suka sama hasil karya yg dipost disini.sayangnya aku udah gak punya photoshop lagi gara2 laptop error semua dihapus deh😥 *malahcurhat–”
    kira-kira bisa request disini gak??soalnya bingung mau nyari dimana lagi.. rencana nya udah buat ff cuma dari minggu2 ini gk nemu tempat buat posternya😦

    Balas
    • Selamat datang~cingu.., wah sayang sekali. Kenapa gak download lagi?^^ Bisa ko, silahkan.

      Balas
      • itu soalnya bukan laptop aku.tapi punya eonni ku..ya aku tau lah eonni ku kayak apa, jadi aku takut kalo download aplikasi apa2 gitu siapa tau tiba2 kena virus.makanya aku kadang gak mau ambil resiko dimarahi eonni :3😀
        wahh bener nih bisa req^^??kirim req.an ku dimana ya? langsung di komen sini atau ditempat lain?? *maklum baru nemu blognya._.

  20. kak nanya..
    aku masih bingung sebingung2nya *plakk
    gak tau ini karena aku yg gak ngeh/? atau apa..soalnya kalau masalah editor ff ps aku masih newbie..
    kok saat aku mau coba masukin foto myung ke layer transparan nya kok gambarnya jadi kayak background warna putih??
    daritadi aku udah nyoba tapi gak berhasil saat mau mindahin foto nya..
    terus aku juga mau masukin foto jiyi ke layer, nah di foto itu masih ada tulisan ‘ psd by ‘ gitu.. ng hilanginnya aku juga gak tau gimana :3 bisa sih masuk ke layer foto yg jiyi nya, tapi warna nya itu gak kayak yg di psd kak.. malah ada yg warna abu2, biru,dll :3
    please bantuin jawabnya.. maaf kalo ruwet/ ng repotin.. ;(

    Balas
  21. makasih tutornya😄 sangat bermanfaat dari awalnya bingung tentang psd sekarang udah tau..

    Balas
  22. aahh.. akhirny skrg gue uda bsa ngebuat cover ff😀 thanks ya..

    btw boleh di reblog ga??

    Balas
  23. psd & action psnya kok susah dicari ya unn? :((

    Balas
  24. wah ini bermanfaat banget
    jadi tambah ilmu baru lagi🙂
    makasih ya udh share tutorial kece ini❤
    izin download resource-nya buat latihan chingu, thank you😀

    Balas
  25. editannya keren banget eonni..
    jadi pengen coba hehehe
    tapi aku masih bingung soal nerapin psd-nya . bisa kasih tips atau penjelasan gak eonni?
    thanks

    Balas
  26. terima kasih, bermanfaat sekali❤

    Balas
  27. cara masukin action yg udh di download gmn ya chingu? aku pakenya PS CC x64 jadi bingung.. aku udh buka trus loading di PSnya tp ga ada reaksi lagi..

    oya fb chingu apa ya? supaya klo aku mau tanya’ bisa langsung ke chingu

    mohon responnya, makasi ^^

    Balas
  28. Terima kasih tutor nya, Kak Hye. Sungguh bermanfaat ^^

    Balas
  29. Terimah kasih kak tutorialnya ^^ Keren banget covernya (y)

    Balas
  30. makasih Hye udah bikinin tutorial luar biasa ini. bener-bener membantu. dan aku udah nyoba nerapinnya, minta dinilai dong sunbae, kekeke🙂 https://monamuliaa.wordpress.com/2016/06/14/between-him-and-her/

    Balas

Tinggalkan Balasan

