RSS Feed

[Tutorial] How to make dark poster

Posted on

Hyema balik lagi bawa tutorial requestan, dark poster. Hayo siapa yang ngerasa ngerequest? Hehe. Bagi yang mau tahu-entah itu mau tau aja atau mau tahu banget, monggo silahkan baca^^

Cast                       : Hyuna 4minute and Donghae Super Junior

Ingredients         : Dark Texture, Wallpaper and Action Photoshop

Difficult                : 6/10

Duration              : 30 minute

Pasti ada yang bingung, apa itu action photoshop? Nah action itu sejenis sama PSD namun cara kerjanya beda. Bedanya dimana? Yuk kita cari tahu sambil baca tutorial ini^^. Hehe Mari kita mulai :

12006-joeppg6lx1

Untuk texture, saya pake poster film the fog yang pernah tayang tahun 2005. Ada yang tahu film ini? Hehe dan juga pastinya wallpaper dan dark texture^^

 

05_dark_textures 3897 Untuk Action Photoshop, saya credit dari Lieveheersbeestje on deviantART.com, thanks for sharing^^

photoshop_vampire_action_II_by_lieveheersbeestje

Setelah bahan-bahannya terkumpul, silahkan buka photoshop dan masukkan semua bahannya^^ dan buka page new dengan ukuran sesuai kebutuhan. Kalau saya 550 x 500 pixels dan trasparan.

  1. Untuk layer 1 yang masih transparan, kita fill dark. Caranya eyedropper tool/tekan tombol (I) >> lalu klik warna hitam di foto donghae >> lalu klik paint bucket tool/tekan tombol (G) >> KLIK dipage new sehingga pagenya berwarna. Atau jika lupa caranya lihat di tutorial sad poster dengan warnanya di ganti # 242225.
  2. Pindah-letakkan foto Donghae ke dalam page new tadi dan atur di pojok samping kanan. 4-tutorial1
  3. Foto Hyuna kita seleksi –tidak perlu detail- dengan feather 38 pixels, untuk toolsnya gunakan polygonal lasso tool, sehingga hasilnya seperti ini^^ Jika lupa caranya, lihat di tutorial natural poster^^4-tutorial2
  4. Lalu pindahkan foto Hyuna –yang sudah di seleksi- ke dalam page new dan atur seperti ini.4-tutorial3-1 4-tutorial3Sudah di atur? Sekarang mulai meng-erase (erase dengan Airbrush soft round 100) bagian yang saling menutupi. Untuk Hyuna, kita fokus untuk menghilangkan sinar-sinarnya dengan opacity dan flownya masing-masing 62%. Dan untuk Donghae, cukup dengan menghilangkan huruf W dengan opacity dan flow 62% juga.4-tutorial4
  5. Kemudian kita akan mulai memakai texture. Di mulai dari poster film the fog yang langsung saja pindahkan ke dalam page new-diletakkan di atas foto Donghae. Atur blendingnya menjadi soft light.4-tutorial5-1 4-tutorial5
  6. Dilanjutkan dengan dark texture dan atur blendingnya menjadi soft light.4-tutorial6-14-tutorial6-2
  7. Dilanjutkan dengan wallpaper dan atur blendingnya menjadi screen. Bagian yang menutupi cast bisa di erase-dihapus.4-tutorial7
  8. Lalu kita hias dengan tulisan berupa judul, author, dan juga quote.

4-tutorial8

Keterangan :

Judul     : 이별이 오나 봐, Goodbye is Coming

Author  : Han Hyema

Font       : UnPenheulim (all)

9. Sekarang waktunya penambahan Action PS. Kalian bisa juga menggunakan PSD dengan tema yang sama.  Cara menggunakan, Windows >> Actions. Lalu muncul Action palet, masukkan Action PS dengan cara meng-drag langsung dari file ke paletnya langsung.

4-tutorial9

Keterangan :

  1. STOP PLAYING/RECORDING
  2. BEGIN RECORDING
  3. PLAY SELECTION

Untuk memulai memberikan warna klik no.4 lalu klik no.3, tunggu beberapa saat dan lihatlah hasilnya^^ Dan hasilnya…. TADAAA!!!

goodbye is coming

Akhirnya selesai juga tutorial ke 4 saya^.^ Semoga bermanfaat. Bagi yang mencoba, saya lihat dong hasilnya^^. Makasih udah baca dan aku mohon komentarnya ya? Bagi yang mau tanya juga tinggal komen ya? See U next time, @HanHyemaART.

About hanhyema

96line. Love music and fiction world. Setiap kali aku melihat cermin, yang aku tatap adalah masa lalu. Masa lalu yang kujanjikan akan berubah. Jika tidak bisa didunia nyata, kuharap aku bisa di dunia imajinasiku ini.

28 responses »

  1. Wah Eon, bermanfaat banget tutornya gomawo ya😀

    Balas
  2. ini kapan Tutorial dipost? kok aku baru tahu -_- sumpah kak iqlima jahaattt !!#lebay, oke abaikan saya. bener deh ini poster kriteria kak iqlima, simple tapi jadinya wow😮 btw kak aku izin save texturenya ya wkwk dan satu lagi kak, kakak punya langganan PSD gk di DA? ._.

    Balas
    • Udah lama atuh. Lihat tanggalnya, hehe Saya gak jahat, gak ko beneran *Pasang-muka-polos.

      Bukan kriteria tapi emang bisanya gitu doang. hehe, ne simpan aja. Kalau di DA, kamu bisa lihat di tautan best resources. Nanti tak tambahin biar lebih banyak^^

      Balas
  3. keren sumpah eonn^^b serasa mau nonton film di bioskop😄
    tadi abis ambil-ambil foto tao yang ada di tutor eonni sebelumnya._. *eonni aku izin download yaa :D* eeh ketemu tutor ini😄
    bagus bangeeeett!!! suka deh sama karya-karya eonni *udh dari dulu sih*
    terus berkarya^^b kobarkan sayapmu eonn (?) semangaaat’-‘)b

    Balas
  4. Nanya dong font buat hangul-nya apa ya?🙂

    Balas
  5. hallo chingu, tutornya bermanfaat banget ^^ oh iya aku mau tanya itu actionnya harus bayar ya ? ._.

    Balas
  6. oh gitu, makasih ya ^^

    Balas
  7. Eon, ini keren banget masa /’_’)/
    Gamsahamnida buat tutornya ^^

    Balas
  8. uwaah simple tapi keren *-* sayangnya itu actionnya harus bayar -bites bites- TT thanks eonni ini sangat membantu❤

    Balas
    • makasih saeng^^ waktu q download gratis ko. Mungkin karena dah 2 tahun kali ya? Eon downloadnya 2012. Coba cari aja yang lain. Banyak ko yang free tapai kece-kece hehe

      Balas
  9. Wah keren🙂
    Makasih tutorialnya😀

    Balas
  10. Annyeong… annyeong.. new reader here ^^
    Wah… keren banget tutorial ff nya chingu🙂
    Tapi boleh nanya gak, aku masih bingung sama perbedaan action photoshop sama psd coloring.. itu hampir sama kan ya? Nah bedanya dimana?
    Hehehe… mianhae kalau merepotkan.. (_^_) #bow
    Tutorialnya bermanfaat banget ^^b #kasihjempol

    Balas
    • annyeong ddo, selamat datang raras. Makasih sudah suka, ne? Boleh, yang membedakan itu cara kerjanya. Kalau action ps itu secara otomatis mewarnai dengan cara menekan tombol play dan nanti kita bisa melihat tahapan prosesnya dan mengaturnya. Kalau psd coloring hanya pewarnaan, biasanya kita gak bisa diubah-ubah lagi. Namun ini yang paling simpel dan musah digunakan. hehe

      ne^^ makasih sudah berkunjung.

      Balas
  11. wuah bagus2 posternya thor🙂
    annyeong.. aku readers baru disini^^
    aku ada bikin ff,, tapi gak bisa bikin poster😦 setiap aku bikin pasti jelek.. jadi mau nanya, boleh request poster karyamu gak? aku suka semua tutorial kamu.. meski aku gak bisa2😦
    gomawo🙂

    Balas
  12. Keren kak.. pengen bisa bikin.. oh ya kak ,au tanyak boleh nggak? Apa maksudnya airbrush round 100? Kl maunpakek itu pencet apa ya? Hehe maaf banyak nanyak kak… gomawo atas jawabannya..

    Balas
  13. Kak…. Tutorialnya bagus…
    Tapi T_T aku butuh poin buat download T_T

    Kaka… bagi poin dong, 20 aja…😥

    Balas

Tinggalkan Balasan

