RSS Feed

[Kamus] Sci-Fi? Ayo bahas bersama!

Posted on

Hyema dateng lagi. <<dilempar pake sandal. Jangan Oh?? #ModeOn

Abaikan yang di atas. Saya sekarang mau bahas masalah Sci-Fi. Ada yang bisa bantu saya? (Gak ada! #Gubrak) Baiklah saya sendiri yang maju menjelaskan #Ceilah bahasanya.

Menurut saya, Sci-Fi itu sejenis story yang punya alur jelas. Mengapa? Karena yang di bahas mempunyai materi yang cukup berat. Fiksi ilmiah, sebutan lainnya membutuhkan pemahaman kita terhadap pengetahuan baru yang rasanya mustahil terjadi sekarang. <<Makanya di sebut fiksi. Namun tetep nurut sama pakem sains yang sekarang kita pake.

Contohnya!

Apa ya? #Clingak-clinguk. Oh ya saya dapet satu gambaran simpel. Buat yang suka sama sains pasti tahu. Gambarannya, suka menjelajah waktu? Doraemon? Atau lubang hitam di atas New York? Itu namanya fiksi yang ada hubungannya sama sains.

Hal di atas mustahil kan di lakukan? Tapi bila belajar sains intinya ya? Gak  jauh-jauh gitu. Inget gak sama novel bestseller karya Dee. Super Nove? Atau karya Eliza (Kalo gak salah) yang punya judul area X.

Itu contoh novel sci-fi karya orang Indonesia yang banyak dapet pujian. Tapi hati-hati, penulis sci-fi biasanya terjebak sama fiksinya dan crita jadi gak bener-bener masuk akal alias menyalahi pakem sains pada umumnya (Yang sekarang kita tahu).

Tapi intinya sih, penulis harus bisa ngasih pemahaman simpel sama readersnya.  Gak usah neko-neko buat bikin sci-fi yang ujung-ujung malah bikin readers tambah bingung gak tau apa tujuannya.

Contohnya !2

Penerbangan ruang angkasa, misalnya, adalah sesuatu yang ada saat ini. Beberapa karya ilmiah membayangkang cara-cra baru melintasi alam semesta yang mungkin tampak mustahil bagi kita sekarang, tapi masih beriperasi sesuai prinsip ilmiah di sepanjang yang kita ketahui sekarang.

Nah yang parahnya bila terjadi gak sesuai prinsip ilmiah dan padahal udah dapet apresiasi yang cukup bagus. Novel area X, contohnya.  Novel yang di buat tahun 2000-an ini membicarakan sesuatu yang nampak sangat mustahil. Indonesia menjadi negara pengembanga atau semacam eksperimen dunia luar angkasa pada tahun 2015 di Jakarta. Nyatanya sampai 2012 ini, Jakarta belum ada yang berubah. Masih macet sama polusi. Hehe

Intinya! Bagi yang mau nulis genre ini, harus bisa nguasai prinsip Sci-fi. Gak bisa ngasal dan apalagi kejebak sama fiksi yang gak berujung. Itu juga salah satu patokan readers juga.

Ada pertanyaan? Coment monggo. Saya tunggu ^^

About hanhyema

96line. Love music and fiction world. Setiap kali aku melihat cermin, yang aku tatap adalah masa lalu. Masa lalu yang kujanjikan akan berubah. Jika tidak bisa didunia nyata, kuharap aku bisa di dunia imajinasiku ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s