RSS Feed

[Kamus] Perbedaan Poem dan Poetry

Posted on

Saya balik bawa kamus fiksi. Ada yang tahu gak perbedaan poem sama poetry? Hayo? Kalau belum ada saya akan menjelaskannya.

Kalo diterjemahkan, poem dan poetry emang sama-sama berarti puisi atau sajak atau kata-kata indah yang merupakan buah pemikiran si pencipta puisi. Tapi bedanya dengan poetry, poem merujuk pada satu karya puisi, sedangkan poetry merujuk pada kumpulan-kumpulan puisi.
Agar lebih mudah dimengerti, saya bakal bagi contohnya
 
Contoh penggunaan poem dalam kalimat:
Krawang Bekasi is a famous poem by Chairil Anwar
I’ve made a poem, would you like to read it?
 
Contoh penggunaan poetry dalam kalimat:
Chairil Anwar’s poems are a part of Indonesian poetry


Jadi bisa disimpulan perbedaan poem dan poetry itu adalah:

  • Poem itu merujuk pada satu karya puisi, sedangkan poetry adalah kumpulan-kumpulan puisi dari seorang pengarang puisi ataupun kumpulan puisi dari suatu masa (misalnya kumpulan puisi zaman pujangga baru)
  • Poem itu bentuk singular sedangkan poetry bentuk plural
  • Poem adalah bagian dari poetry
  • Poem adalah pekerjaan kesusastraan, sdang poetry adalah bentuk seni dari pekerjaan kesusastraan tersebut
  • Poem tidak mesti harus tertulis, ketika kita memikirkan kata-kata indah lalu mengucapkannya, itu sudah bisa disebut sebagai poem, sedangkan poetry tidak demikian.

Gimana udah ngerti belum? Uah belum? Silahkan tanya di kolom komentar. Saya tunggu ^^ Oh ya sebelumnya makaih banget buat Oom Ninja atas creditnya. *deepbow

About hanhyema

96line. Love music and fiction world. Setiap kali aku melihat cermin, yang aku tatap adalah masa lalu. Masa lalu yang kujanjikan akan berubah. Jika tidak bisa didunia nyata, kuharap aku bisa di dunia imajinasiku ini.

6 responses »

  1. bisa kasih contoh yg laen??????

    Balas
    • Bisa. Coba Nur pahami. Misalnya nur bikin 1 puisi dengan judul “Bungaku”. Terus puisi itu Nur tulis di buku yang isinya semua puisi buatan Nur. Buku itu di kasih judul cover “Puisiku”. Nah, yang “Bungaku” itu disebut poem. Dan “Puisiku” di sebut poetry.

      Balas
  2. Thanks bro! Akhirnya gue tau apa itu Poem dan apa itu Poetry🙂

    Balas
  3. Bro, apa perbedaan dari Poetry dan Poet?

    Balas

Tinggalkan Balasan

