RSS Feed

[Kamus] Apa itu Thriller?

Posted on

Balik lagi nih. Buat readers pasti gak asing kan sama yang namanya thriller. Tapi ada yang tahu gak nih apa itu thriller?

Menurut saya, thriller itu adalah genre yang menuntut plot yang mendebarkan sesuai dengan namanya dan sifatnya yang thrill. Kalau dalam film sih, biasanya adegannya mendebarkan dan plotnya sengaja di buat jelas.

Para jagoan dalam cerita ini biasanya adalah orang-orang berwatak keras yang terbiasa menghadapi bahaya: para petugas penegak hukum, mata-mata, tentara, pelaut atau pilot/penerbang. Namun terkadang para jagoan ini adalah juga orang biasa yang terbawa pada bahaya secara tidak sengaja. Walau para jagoan ini biasanya adalah pria, jagoan-jagoan wanita menjadi semakin lumrah belakangan ini.
Film thriller seringkali sangat mirip dengan film misteri, tapi dapat dibedakan lewat struktur alur ceritanya. Dalam sebuah thriller, seorang jagoan harus menggagalkan rencana seorang musuh daripada membuka tabir sebuah tindakan kriminal yang telah terjadi. Thriller juga berlangsung dalam skala yang lebih besar: tindakan-tindakan kriminal yang harus digagalkan/dihentikan adalah pembunuhan berantai atau massal, terorisme, pembunuhan orang-orang penting atau usaha-usaha untuk menggulingkan pemerintahan suatu negara. Konfrontasi yang penuh bahaya dan kekerasan adalah elemen alur cerita thriller yang standar.

Kalau sebuah film misteri berakhir ketika misteri tersebut berhasil dibongkar, sebuah film thriller berakhir ketika sang jagoan akhirnya berhasil mengalahkan sang penjahat, menyelamatkan dirinya sendiri dan nyawa orang lain. Dalam thriller yang dipengaruhi oleh film noir dan tragedi, jagoannya seringkali kehilangan nyawa dalam usahanya tersebut.

Bahasan thriller emang menarik. Banyak hal selain di atas dan rata-rata banyak readers suatu novel atau story dan bahkan penonton film sekalipun terjerembab dalam menyemakan antara thriller dan misteri. Padahal itu beda banget!

Oke, sekian pembahasan dari saya. Ada yang belum mengerti? Masih bingung? Koment aja ya di bawah.

Salam dari saya, Han Hyema.

About hanhyema

96line. Love music and fiction world. Setiap kali aku melihat cermin, yang aku tatap adalah masa lalu. Masa lalu yang kujanjikan akan berubah. Jika tidak bisa didunia nyata, kuharap aku bisa di dunia imajinasiku ini.

5 responses »

  1. Bahasannya menarik๐Ÿ˜€ Terima kasih sudah berbagi ..

    Balas
  2. Saya masih bingung!๐Ÿ˜ฆ Bisa ngasih contoh gak film-film populer yang termasuk kategori film thriller?

    Balas
  3. bagus penjelasannya gan..๐Ÿ˜€
    jadi ntar ntar ga akan salah kaprah lagi dalam mengkategorikan film
    thx,,

    Balas
  4. Iya, thriller dan misteri beda, persamaannya adalah mendebarkannya itu :-[
    SAW juga termasuk thriller kan? Itu film bnr” bikin berdebar x_x

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s